Senjata

Senjata dalam arti harfiahnya adalah suatu alat yang digunakan untuk melukai, membunuh, atau menghancurkan suatu benda.

Senjata juga dapat digunakan sebagai alat untuk menyerang maupun untuk mempertahankan diri, dan juga untuk mengancam dan melindungi. Apapun yang dapat digunakan untuk merusak (bahkan psikologi dan tubuh manusia) dapat dikatakan senjata.

Namun, dalam pemikiran saya, senjata juga bisa berarti mulut. Ucapan seseorang yang tidak terjaga dapat melukai orang lain. Bahkan ada peribahasa mulutmu senjatamu. Arti dari peribahasa ini adalah agar setiap orang dapat menjaga ucapannya dalam kehidupan sehari-hari. Mengapa ucapan begitu berbahaya?

Ucapan yang keluar dari mulut tanpa dipikirkan konsekuensinya dapat menimbulkan bahaya yang lebih besar dari senjata yang sebenarnya. Contohnya saja masalah yang timbul karena provokasi. Seorang provokator dapat membuat masalah yang pada awalnya biasa menjadi luar biasa. Seperti masalah kerusuhan antar kampung yang kerap terjadi di beberapa daerah di Indonesia dan menimbulkan banyak korban jiwa. Dari masalah ini kita bisa melihat bahwa mulut adalah senjata yang berbahaya.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s