Design Thinking

I.

Sesuai dengan kuliah CI minggu lalu, kita mendatangkan dosen tamu yaitu seorang founder dari Sembilan Matahari bernama Adi Panuntun. Beliau adalah salah satu icon kreatif saat ini, beberapa karyanya yang sangat terkenal adalah pembuatan Kota Tua video mapping dan produser dari film cin(T)a.

Sesuai dalam kuliah yang diperikan oleh Adi Panuntun, disini kita akan sedikit me-review tentang Design Thinking.

Apakah itu Design Thinking?

Design Thinking adalah sebuah metode untuk membuat sesuatu dengan jalan pemikiran kreatif. Apa yang membuat Design Thinking berbeda? Hasil dari Design Thinking tidak hanya berupa produk barang nyata, namun juga bisa berupa jasa maupun business model.

Contoh dari Design Thinking yang pernah dilakukan adalah oleh AQUA dan Teh botol Sosro. Dulu orang pasti berpikir apakah keuntungan dari membuat air dan teh dalam kemasan, padahal barang-barang ini sangat mudah untuk diperoleh dan dibuat sendiri. Namun, Bapak Tirto Utomo (AQUA) dan Sosrodjoyo (Sosro) memiliki pemikiran yang jauh berbeda. Mereka menggunakan prinsip Design Thinking yang akhirnya pasar merespon dengan sangat luar biasa pada produk yang mereka buat.

Design Thinking Process (tergabung dalam 2 proses yaitu creative dan analytical)

1.Observe –>_______3.Brainstorm–>_______5.Proyotype                          (Creative)

2.Synthesize –>_________4.Vote –>________6.Storytelling   (Analytical)

II.

Dibagian kedua ini, saya akan mencoba menjelaskan korelasi antara

dan

Jika dilihat secara sepintas, 2 hal ini sangat tidak berkorelasi dan tidak ada hubungannya. Namun hal ini akan berubah ketika Apple inc. mengadopsi teknologinya pada produk marker diatas.

Hal yang terpikir oleh saya adalah pembuatan iPen, yaitu sebuah alat yang bisa digunakan untuk menulis pada gadget buatan Apple inc. lainnya misalnya iPad, iTouch, iMac, dll. Penggunaan iPen akan sangat berguna bagi seseorang yang ingin melakukan presentasi dan menggambar secara manual. Dengan iPen, kita tidak perlu repot-repot lagi untuk menggambar menggunakan mouse.

Singkat kata, penggunaan iPen sangat berguna untuk business dan hal-hal lainnya.

III.

Market Retail masa depan

Apabila kita akan menghadapi perubahan market dalam kurun waktu 10 tahun mendatang, apa yang akan kita lakukan? Menurut saya ada 2 hal yang bisa kita lakukan dalam menghadapi perubahan market:

1. Inovasi

Pertama, kita bisa melakukan sebuah inovasi produk. Inovasi ini tidak hanya bersifat merubah bentuk barang, tetapi lebih ke arah melakukan forecast, kira-kira apa yang diinginkan masyarakat ke depannya, produk yang lebih mutakhir, atau produk yang lebih murah?

2. Create new Market

Ini adalah cara cukup ekstrim dan tidak semua perusahaan mampu melakukannya. Salah satu perusahaan yang mampu menciptakan market baru adalah Apple inc. Misalnya saja kita lihat salah satu produk apple yaitu iPad. Tentunya tidak terpikir dalam pikiran kita apabila Apple akan membuat produk seperti itu. Namun, pasar mengatakan berbeda. Munculnya iPad membuat competitor dari Apple mulai membuat produk-produk serupa, Inilah salah satu cara untuk melawan perubahan pada market.

 

-Andri

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s