Menulis di internet

Salam Kreatif

Sesuai dengan judul kali ini, saya akan mencoba menuliskan bagaimana kesan saya selama menulis di internet.

Menulis di internet itu sendiri saya bagi menjadi 2 bagian, yaitu menulis untuk pelajaran dan menulis untuk hiburan. Menulis untuk pelajaran contohnya mengerjakan tugas dan harus men-submit nya melalui internet. Bagian kedua adalah menulis untuk hiburan, misalnya saja menulis blog, atau bahkan update status twitter/facebook yang saat ini pastinya sudah menjadi kewajiban dikalangan anak muda. Untuk lebih jelasnya, ayo kita bahas satu-persatu.

  • Menulis untuk pelajaran

Untuk yang ini, cukup standard yah. Saat ini sudah hampir tiap sekolah menggunakan internet dan mengharuskan muridnya untuk men-submit tugasnya melalui email. Perkembangan teknologi ini menurut saya menunjang pembelajaran dari murid. Namun beberapa hal juga perlu diperhatikan, karena dengan adanya teknologi ini, Plagiarism of Idea  muncul dan cukup sulit untuk dilawan. Beberapa media untuk mengumpulkan tugas melalui internet bisa dilakukan melalu email seperti:

  • Menulis untuk hiburan dan ekspresi diri

Yak yang kedua adalah menulis di internet dengan tujuan hiburan dan ekspresi diri. Hari gini, siapa sih yang nggak kenal blog, facebook maupun twitter?

Yak, ketiga hal diatas seakan sudah menjadi keharusan bagi orang-orang terutama anak -anak muda untuk dimiliki. Update status di facebook maupun twitter sudah menjadi keharusan bagi penggunanya. Setiap orang seakan memiliki kebutuhan untuk menceritakan apa yang sedang dialami oleh dirinya setiap saat (terutama twitter).

Menurut saya, “kebudayaan” baru ini memiliki sisi positif dan negatif.

Sisi positif:

Melakukan update ditwitter bisa menunjukkan apa yang sedang kita lakukan. Pendek kata, apabila terjadi apa-apa dengan orang tersebut, semua orang dapat mengetahuinya dengan mudah. Penyebaran inforamasi dapat dilakukan dengan cepat dan praktis. Selain itu, dengan adanya media-media ini, setiap pengguna secara tidak langsung dituntut untuk menjadi kreatif dan menarik. Mengapa begitu? Karena account-account itu adalah salah satu cermin dari diri penggunanya.

  • Sisi negatif:

Kebanyakan orang menjadi addicted untuk melakukan update status. Bisa kita bayangkan apabila kita sedang bekerja, atau melakukan suatu hal yang sangat penting, kita masih terdorong untuk melakukan update status. Prinsipnya, kita melakukan update status ketika ada sesuatu yang penting, dan disitulah terkadang muncul masalah. Ex: kecelakaan mobil bisa terjadi ketika seseorang dengan teledor mengupdate status disaat sedang menyetir. Sepele memang, tetapi dorongan untuk melakukannya sangat besar dan tidak bisa dihindari.

Sisi negatif lain dari menulis di internet adalah ketika kita salah menuliskan sesuatu, bersiap-siaplah untuk di cemooh orang. Ya itulah prinsip menulis di internet, karena semua orang bahkan yang kita tidak kenal pun bisa mengakses hasil tulisan kita. Selain itu, orang-orang bisa memiliki interpretasi yang berbeda dengan maksud sebenarnya dari tulisan kita. Hal ini pun bisa menimbulkan masalah kedepannya.

Secara umum, menulis di internet sudah menjadi sebuah hal yang biasa pada masyarakat saat ini dan tidak hanya terjadi pada orang-orang yang melek teknologi saja. Menulis di internet menjadi mendia untuk menyalurkan pikiran, bahkan perasaan dari penulis pada saat ia menulis. Menulis di internet juga menjadi salah satu jalan mengekspresikan diri, terutama bagi orang yang sulit untuk berekspresi (introvert). Menulis di internet menurut saya adalah sebuah revolusi yang sangat baik, hanya sekarang adalah tantangan untuk kita bagaimana kita bisa menyikapi dan melakukannya dengan bijak dan tepat.

Sekian dari saya untuk blog “menulis di internet” kali ini. Mudah-mudahan berguna dan dapat memberi sedikit informasi dan inspirasi untuk pembaca. Salam kreatif!

– Andri

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s