Start! GT Radial!

Salam Kreatif!

Halo semua, kali ini blog saya hadir kembali dengan topik Produk Indonesia, GO Internatinal! Nah berhubung post kali ini adalah tugas UAS kuliah CI, yang juga berarti post terakhir saya dari kuliah CI. Namun, bukan berarti saya akan berhenti dari kegiatan menulis di internet seperti saat ini.

Produk Made in Indonesia….terdengar cukup jarang bukan?Apabila kita membeli barang di banyak tempat, kebanyakan dari barang tersebut bertuliskan Made in China. Saat ini barang-barang dari China telah dengan sukses membanjiri pasaran dunia. Strategi utama dari China untuk menembus pasar adalah Copy & Low Price. Apabila kita bandingkan dengan produk dari negara lain, kualitas produk China memang kurang bersaing. Namun, bagaimana dengan harga dan ketersediaan barang, produk China nyaris tidak terkalahkan! Bagaimana dengan produk Made in Indonesia?

Saat ini, banyak orang terutama orang Indonesia MALU menggunakan produk dalam negeri dan mendewakan barang dari luar negeri. Ironis memang, terutama setelah ditinjau lebih jauh, alasan mereka adalah bukan semata karena kualitas, melainkan GENGSI. Wah2, gengsi sih boleh ya, asal tidak berlebihan…hehe

Apabila kita melihat secara lebih jeli, banyak produk Indonesia sebenarnya memiliki kualitas yang diakui oleh dunia, dan bahkan menjadi top of mind! Contoh mudahnya Indomie atau beberapa produsen garmen lokal dari Indonesia menjadi salah satu supplier merek baju terkenal seperti Zara, H&M dan masih banyak lainnya. Dari sisi olahraga, kita mempunyai shuttlecock nomor wahid seperti Saxxon dan Holland dan itu semua buatan Indonesia. Bahkan, untuk event akbar seperti piala dunia, siapa lagi yang memproduksi bola selain indonesia. Secara umum, memang kita tidak terlihat memiliki kualitas karena banyak orang tidak jeli melihat produk dalam negeri.

Wah kayaknya udah kepanjangan ini introductionnya, hehe. Kalo gitu kita langsung kali ini saya ingin menjelaskan tentang strategi GO International dari produsen ban di Indonesia. Produknya adalaaahhh……jeng jeng jeng!

Pada awalnya, saya sangat yakin apabila GT Radial adalah perusahaan dari luar negeri, eh ternyata saya salah. GT Radial adalah produk dari PT Gadjah Manunggal Tbk dari Indonesia.

Dibawah ini adalah contoh dari TV ads dari GT Radial

Why Tire?

Saat ini perkembangan otomotif di dunia sangat cepat. Dalam tempo satu tahun saja sudah bisa muncul berbagai varian mobil dan motor baru. Ban adalah salah satu aspek terpenting dan vital  pada kendaraan. Disamping itu, saat ini ban tidak hanya berfungsi sebagai ban secara literally saja. Demand dari konsumen sudah mulai shifting ke arah fashion (jangan salah, Ban pun ada fashionnya loh..hehe) dan performa terutama efek ke penggunaan bahan bakar.

Why GT Radial?

Made in Indonesia! dan apabila ditinjau dari segi produk, kualitas GT Radial tidak perlu diragukan lagi. Di Indonesia sendiri, GT Radial adalah top choice untuk ban lokal.GT Radial memiliki beberapa profil ban untuk harian maupun professional (kejuaraan/balap) de mi memenuhi kebutuhan konsumen. Selain itu, GT Radial bahkan memiliki pabrik di China untuk dapat mengimbangi permintaan dari konsumen. Jika dilihat lagi, sebenarnya GT Radial sudah sukses GO International, namun dalam skala yang kecil, yaitu pasar Asia khususnya asia tenggara saja. Apabila kita melihat pasar dunia, penjualan ban masih di dominasi oleh Bridgestone, Michelin, Dunlop dan lain lain.

Innovation and Business Model for GT Radial

Kira-kira apa sih inovasi untuk GT Radial supaya bisa meraih pasar Internasional yang lebih luas?

  • Racing and stuffs

Yak, salah satu opportunity  terbesar untuk mengenalkan barang di dunia otomotif adalah dengan menggunakan media balapan. Megapa begitu? Karena dari sinilah dilihat bagaimana performa sebenarnya dari sebuah ban. Sejauh ini, GT Radial belum menggunakan kesempatan ini di dunia balap internasional, dan sudah saatnya bagi GT Radial untuk turut bersaing.

  • AutoShow

Selain dari racing atau dunia balap, autoshow adalah event lainnya yang memberikan opportunity besar dalam mengenalkan produk. Tiap tahunnya ada berbagai macam event tahunan yang di selenggarakan di seluruh dunia. GT Radial harus memanfaatkan kesempatan ini untuk mengenalkan produknya pada dunia. Contoh dari Event ini adalah Paris Motor Show dan Shanghai Autoshow.

Business Model

  • Value Proposition

Experience the performance, discover the value

Diatas adalah tagline dari GT Radial. Dari tagline itu bisa dilihat bahwa GT Radial adalah sebuah produk berkualitas yang tetap memperhatikan detail dari harga. Dengan membeli GT Radial berarti kita membeli barang dengan kualitas yang bagus dan harga yang relatif terjangkau dibandingkan dengan ban-ban kelas atas lainnya.

  • Customer Segment

Semua Orang!

Ya semua pengendara kendaraan bermotor pria, wanita, dewasa, remaja yang memiliki kendaraan berupa mobil, truk maupun motor yang memiliki kebutuhan untuk mendapatkan ban kualitas prima dengan harga yang cukup terjangkau.

  • Distribution Channel

– Main distributor

– Supplier

GT Radial memiliki distributor resmi yang tersebar cukup luas. Selain itu ban GT Radial dapat di peroleh di supplier-supplier ban secara umum. Tidak ada toko khusus yang menjual GT Radial secara spesial.

Di inovasi ini, bisa juga dilakukan distribusi tambahan dengan cara racing contract ataupun penjualan melalui event.

  • Customer Relationship

– Common customer

– Racing Community

– Car club & modification house

Dengan inovasi yang diajukan, customer relationship dari GT Radial bisa diperdalam dengan melakukan pendekatan pada Racing community dan car club & modification house. Dengan dilakukannya hal tersebut, ban GT Radial bisa menumbuhkan image yang lebih baik terutama pada komunitas-komunitas tertentu dan yang akhirnya akan berlanjut ke masyarakat pada umumnya.

  • Core Capabilities

– Money Value

– Performance

Dengan menjaga core capabilities dari GT Radial yaitu money value & performance, value proposition dari GT Radial dapat tercapai.

  • Partner

– Racing parts distributor

– Modification house

Sesuai dengan distribution channel, maka partner penting untuk GT Radial adalah Racing parts distributor dan modification house yang memiliki taraf internasional. Dengan dilakukannya kerja sama dengan pihak-pihak tersebut, maka GT Radial akan lebih siap untuk GO Internasional dan melakukan eskpansi ke seluruh dunia.

  • Supply Chain

– Factory

– Main Distributor

– Supplier

– Event Manager

Unsur pertama yang sangat dibutuhkan oleh GT Radial untuk mengakses market baru di negara/ benua lain adalah Factory. Untuk menembus pasar Eropa dan Amerika, diperlukan pembuatan factory baru di masing-masing benua. Sejauh ini di Eropa masih terbentuk organisasi pengelolanya saja. Factory sangat diperlukan karena biaya pengiriman barang akan lebih mahal dari biaya pembuatan di masing-masing benua tempat ekspansi.

FINANCE

Cost Structure

  • Production Cost

Production cost adalah harga pembuatan awal dari factory yang telah ada.

  • Shipping Cost

Biaya pengiriman GT Radial ke negara-negara lain

  • Expansion Cost

Biaya marketing dan inovasi dari GT Radial untuk dapat melakukan penetrasi pasar di negara-negara baru.

  • Revenue Stream

– local market

– international market

Sejauh ini, pendapatan utama dari GT Radial berasal dari local dan international market wilayah Asia yang merupakan wilayah dengan penjualan terbesar GT Radial. Oleh karena itu GT Radial cukup memiliki nama di Asia, namun tidak di wilayah lain.

Conclusion

GT Radial adalah ban dengan performa yang bisa dibandingkan dengan merek-merek internasional seperti Bridgestone, Michelin, dll. Jadi secara performa, sebenarnya ban GT Radial tidak perlu diragukan lagi. Namun GT Radial masih belum memiliki nama yang kuat karena sangat minim dalam hal ekspansi terutama di benua eropa dan amerika yang notabene adalah surga dunia balap negara barat. Oleh karena itu, inilah kesempatan GT Radial untuk menerapkan inovasi dan business model yang baru untuk melakukan Go Internasional yang lebih meluas.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s