Cretivity and Innovation Summary

Akhirnya, tidak terasa kuliah CI pada semester ini telah berakhir. Kuliah CI telah memberikan pengetahuan tentang creativity dan inovasi yang sangat berkesan untuk saya.

Creativity and Inovation itu bisa diterapkan dimana saja, dalam kehidupan kita. Tidak harus berupa barang, seperti yang telah di diskusikan dalam beberapa pertemuan CI sebelumnya, bahkan kreatifitas dan inovasi bisa dikembangkan dalam bentuk bisnis model juga. Selama ini saya terpaku bahwa inovasi dan kreatifitas hanya bisa diterapkan pada sebuah barang jadi saja.

Beberapa dosen tamu yang hadir untuk memberikan kuliah juga memberikan nuansa baru terhadap kreatifitas dan inovasi terutama karena mereka berasal dari berbagai macam background yang berbeda.

Singkatnya, hal terpenting yang saya dapatkan dari kuliah CI adalah agar kita terus berusaha. Kegagalan bukanlah akhir dari segalanya. Kuliah CI mengajarkan kepada kita untuk bisa berpikir lepas “out of the box”, terlepas dari aturan yang ada dari diri kita sendiri. Karena musuh terbesar dari kreatifitas adalah asumsi dalam pikiran kita sendiri yang membuat batasan – batasan pada kreatifitas kita. Dari sini, kedepannya saya akan terus belajar untuk selalu mencoba dan berkreasi dalam semua hal dan tidak takut akan kegagalan, karena kegagalan adalah pupuk dari kesuksesan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s